Jazz ([Jes]) adalah aliran musik
yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika
dan Eropa.
Musik
jazz banyak menggunakan gitar, trombon, piano, trompet, dan saksofon. Elemen penting dalam jazz adalah
blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle
note.
Jazz
bisa sangat sulit untuk menentukan karena membentang dari waltz Ragtime untuk
fusi era tahun 2000-an. Meskipun banyak upaya telah dilakukan untuk menentukan
jazz dari sudut pandang di luar jazz, seperti menggunakan sejarah musik Eropa
atau musik Afrika, kritikus jazz Joachim Berendt berpendapat bahwa semua upaya
tersebut tidak memuaskan. Salah satu cara untuk berkeliling masalah definisi
adalah untuk mendefinisikan jazz "istilah" lebih luas. Berendt
mendefinisikan jazz sebagai bentuk "seni musik yang berasal dari Amerika
Serikat melalui konfrontasi orang kulit hitam dengan musik Eropa", ia
berpendapat bahwa jazz berbeda dari musik Eropa dalam jazz yang memiliki
hubungan "khusus untuk waktu, yang didefinisikan sebagai 'ayunan'
"," sebuah spontanitas dan vitalitas produksi musik di mana
improvisasi memainkan peran ", dan" kemerduan dan cara ungkapan yang
cermin individualitas dari musisi jazz melakukan ".
Travis
Jackson juga mengusulkan definisi yang lebih luas dari jazz yang mampu mencakup
seluruh era yang berbeda secara radikal: ia menyatakan itu adalah musik yang
mencakup kualitas seperti "berayun", improvisasi, interaksi kelompok,
mengembangkan sebuah" suara individu, dan menjadi 'terbuka' untuk
kemungkinan musik yang berbeda Krin Gabbard mengklaim bahwa" jazz adalah
membangun "atau kategori yang, sementara buatan, masih berguna untuk
menunjuk" sejumlah musics dengan cukup umum harus dipahami sebagai bagian
dari sebuah tradisi yang koheren ".
Sementara
jazz mungkin sulit untuk menentukan, improvisasi jelas salah satu elemen kunci.
Awal blues pada umumnya terstruktur sekitar pola panggilan-dan-respon yang
berulang, unsur umum dalam tradisi lisan Afrika Amerika. Suatu bentuk musik
rakyat yang meningkat di bagian dari lagu kerja dan bidang hollers Hitam
pedesaan, blues awal juga sangat improvisasi. Fitur-fitur ini mendasar dengan
sifat jazz.
dalam unsur-unsur musik klasik Eropa interpretasi, ornamen dan pendampingan kadang-kadang kiri ke kebijaksanaan yang berprestasi itu, tujuan utama adalah pemain memainkan komposisi seperti yang tertulis.
Dalam
jazz, Namun, pemain ahli akan menafsirkan sebuah lagu dengan cara yang sangat
individu, tidak pernah memainkan komposisi yang sama persis dengan cara yang
sama dua kali. Tergantung mood pemain dan pengalaman pribadi, interaksi dengan
sesama musisi, atau bahkan anggota audiens, seorang musisi jazz / pemain dapat
mengubah melodi, harmoni atau waktu penandatanganan di akan. musik klasik Eropa
telah dikatakan media komposer. Jazz, namun, sering ditandai sebagai produk
kreativitas egaliter, interaksi dan kolaborasi, menempatkan nilai yang sama
pada kontribusi dari komposer dan pelaku, 'tangkas berat [ing] klaim
masing-masing komposer dan improvisasi' .
Di
New Orleans dan Dixieland jazz, performer bergantian bermain melodi, sementara
yang lain countermelodies improvisasi. Dengan era swing, big band datang untuk
lebih mengandalkan musik diatur: pengaturan entah tertulis atau dipelajari oleh
telinga dan hafal - banyak artis jazz awal tidak bisa membaca musik. solois
Individu akan berimprovisasi dalam pengaturan ini. Kemudian, di bebop fokus
bergeser ke arah kelompok-kelompok kecil dan pengaturan minimal; melodi
(dikenal sebagai kepala "") akan dinyatakan secara singkat pada awal
dan akhir bagian, tapi inti dari kinerja akan menjadi serangkaian improvisasi
dalam tengah. Kemudian gaya jazz seperti jazz modal meninggalkan gagasan ketat
kemajuan akord, yang memungkinkan individu musisi berimprovisasi bahkan lebih
bebas dalam konteks skala tertentu atau mode. avant-garde dan idiom jazz bebas
izin, bahkan memanggil, meninggalkan chords, sisik, dan meter berirama.
Telah lama ada perdebatan di komunitas jazz atas definisi dan batas-batas "jazz". Meskipun perubahan atau transformasi jazz oleh pengaruh baru awalnya sering dikritik sebagai kehinaan "," Andrew berpendapat Gilbert jazz yang memiliki kemampuan "untuk menyerap dan mengubah pengaruh" dari gaya musik yang beragam. Sementara beberapa penggemar jenis tertentu jazz berpendapat untuk definisi sempit yang mengecualikan berbagai jenis musik juga dikenal sebagai "jazz", musisi jazz sendiri sering enggan untuk mendefinisikan musik mereka bermain. Duke Ellington menyimpulkan dengan mengatakan, "Ini semua musik." Beberapa kritikus bahkan menyatakan bahwa musik Ellington bukanlah jazz karena diatur dan mengatur. Pada teman sisi lain Ellington dua puluh solo Earl Hines's "transformatif versi "komposisi Ellington (pada Earl Hines Dimainkan Duke Ellington dicatat pada tahun 1970) yang dijelaskan oleh Ben Ratliff, New York Times kritikus jazz, seperti" sebagai contoh yang baik dari proses jazz sebagai sesuatu di luar sana ".
Berorientasi
komersial atau populer yang dipengaruhi musik jazz bentuk memiliki keduanya
lama dikritik, setidaknya sejak munculnya Bop. penggemar jazz tradisional telah
diberhentikan Bop, tahun 1970-an jazz [era fusi dan banyak lain] sebagai
periode penurunan nilai komersial dari musik. Menurut Bruce Johnson, musik jazz
selalu memiliki ketegangan "antara jazz sebagai musik komersial dan bentuk
seni" catatan Gilbert itu. Sebagai gagasan tentang kanon jazz adalah
berkembang, "prestasi masa lalu" dapat menjadi "... istimewa
atas kreativitas istimewa ..." dan inovasi seniman saat Village Voice.
jazz kritikus Gary Giddins berpendapat bahwa sebagai penciptaan dan penyebaran
jazz semakin dilembagakan dan didominasi oleh perusahaan hiburan besar, jazz
adalah menghadapi "sebuah. .. masa depan berbahaya kehormatan dan
penerimaan tertarik "David Ake. memperingatkan bahwa penciptaan"
norma "dalam jazz dan pembentukan tradisi jazz" "mungkin
mengecualikan atau sampingan lainnya yang lebih baru, avant-garde bentuk jazz .
Kontroversi juga muncul lebih dari bentuk-bentuk baru jazz kontemporer dibuat
di luar Amerika Serikat dan berangkat secara signifikan dari gaya Amerika Di
satu pandangan mereka merupakan bagian penting dari pengembangan saat ini jazz
itu;. di lain mereka kadang-kadang dikritik sebagai penolakan terhadap tradisi
jazz penting.
Asal-usul
dari jazz kata adalah salah satu yang paling dicari asal-usul kata dalam bahasa
Inggris Amerika modern. Bunga intrinsik Kata's - American Dialect Society
menamakannya Kata Abad Duapuluh - telah menghasilkan penelitian yang cukup
besar, dan sejarahnya dengan baik didokumentasikan. Seperti dijelaskan lebih
rinci di bawah, jazz dimulai sebagai istilah slang Pantai Barat sekitar tahun
1912, yang berarti yang bervariasi tetapi tidak mengacu pada musik atau seks.
Jazz datang berarti musik jazz di Chicago sekitar tahun 1915. Jazz dimainkan di
New Orleans sebelum waktu itu, tapi tidak disebut jazz.
Jazz
kata membuat salah satu penampilan yang paling awal di San Francisco bisbol
menulis pada tahun 1913. "Jazz diperkenalkan ke San Francisco pada 1913
oleh William (Spike) Slattery, olahraga Call editor, dan disebarkan oleh
pemimpin-band bernama Seni Hickman itu tercapai. Chicago dengan 1915 namun
tidak mendengar di New York sampai setahun kemudian. "Salah satu kegunaan
yang dikenal pertama dari kata jazz muncul di 3 Maret 1913, artikel bisbol di
San Francisco Bulletin oleh ET "Scoop" Gleeson .
Asal-usul
dari jazz kata adalah salah satu yang paling dicari asal-usul kata dalam bahasa
Inggris Amerika modern. Bunga intrinsik Kata's - American Dialect Society
menamakannya Kata Abad Duapuluh - telah menghasilkan penelitian yang cukup
besar, dan sejarahnya dengan baik didokumentasikan. Seperti dijelaskan lebih rinci
di bawah, jazz dimulai sebagai istilah slang Pantai Barat sekitar tahun 1912,
yang berarti yang bervariasi tetapi tidak mengacu pada musik atau seks. Jazz
datang berarti musik jazz di Chicago sekitar tahun 1915. Jazz dimainkan di New
Orleans sebelum waktu itu, tapi tidak disebut jazz.
Jazz
kata membuat salah satu penampilan yang paling awal di San Francisco bisbol
menulis pada tahun 1913. "Jazz diperkenalkan ke San Francisco pada 1913
oleh William (Spike) Slattery, olahraga Call editor, dan disebarkan oleh
pemimpin-band bernama Seni Hickman itu tercapai. Chicago dengan 1915 namun
tidak mendengar di New York sampai setahun kemudian. "Salah satu kegunaan
yang dikenal pertama dari kata jazz muncul di 3 Maret 1913, artikel bisbol di
San Francisco Bulletin oleh ET "Scoop" Gleeson .
Alat musik yang digunakan
Pemusik jazz terkenal
- Louis Armstrong, (1901-1971)
- Duke Ellington, (1899-1974)
- Charlie Parker, (1920-1955)
- Dizzy Gillespie, (1917-1993)
- Miles Davis, (1926-1991)
- John Coltrane (1926-1967)
- Chick Corea
- Ornette Coleman, (lahir 1930)
- Chris Botti
- Dave Koz
- Bob James
- Lee Ritenour
- Kenneth Bruce Gorelick / Kenny G, (lahir 1956)
- Jamie Cullum
Indonesia
Rombongan
jazz di jalan di Aceh (tahun 1950-1960)
- Ireng Maulana
- Buby Chen
- Jack Lesmana
- Anna Larssen
- Bill Saragih
- Benny Likumahua
- Bing Slamet
- Bara
- Ermy Kullit
- Kiboud Maulana
- Dwiki Dharmawan
- Indra Lesmana
- Binot Halamutu
- Elfa Secioria
- Iskandarsyah Siregar
- Luluk Purwanto
- Joko W.H.
- Balawan
- Syaharani
- Didi Tjia
- Aji Kikuta
- Dharma Priyahadi Kusuma
- Tompi
- Barry Likumahua
- Dionysius Agung Subagyo
- Bimo Satria Nugroho
Subgenre
Tidak ada komentar:
Posting Komentar