WELCOME

semoga bermanfaat buat kalian kalian yang sudah buka blogku :)

Kamis, 08 November 2012

Contoh Pidato PKN



Assalamualaikum Wr Wb
            Yang terhormat bapak Azemi selaku guru PKN dan teman teman kelas X-i yang saya cintai
            Mengawali pidato saya ini marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunianya sehingga di hari yang indah ini kita masih bisa berkumpul bersama dalam kelas ini.pada kesempatan ini saya akan berpidato dengan topik pentingnya persatuan dan kesatuan antar suku bangsa.

Sejak zaman dahulu bangsa Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang majemuk. Hal ini tercermin dari semboyan “Bhinneka tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Kemajemukan yang ada terdiri atas keragaman suku bangsa, budaya, agama, ras, dan bahasa.Adat istiadat, kesenian, kekerabatan, bahasa, dan bentuk fisik yang dimiliki oleh suku-suku bangsa yang ada di Indonesia memang berbeda, namun selain perbedaan suku-suku itu juga memiliki persamaan antara lain hukum, hak milik tanah, persekutuan, dan kehidupan sosialnya yang berasaskan kekeluargaan.
Bapak guru dan teman temanku ,Suku bangsa adalah golongan manusia yang terikat oleh kesadaran dan identitas akan kesatuan kebudayaan. Orang-orang yang tergolong dalam satu suku bangsa tertentu, pastilah mempunyai kesadaran dan identitas diri terhadap kebudayaan suku bangsanya. Suku-suku bangsa yang tersebar di Indonesia merupakan warisan sejarah bangsa, persebaran suku bangsa dipengaruhi oleh factor geografis, perdagangan laut, dan kedatangan para penjajah di Indonesia. Perbedaan suku bangsa satu dengan suku bangsa yang lain di suatu daerah dapat terlihat dari ciri-cirinya seperti Tipe fisik, mulai warna kulit, rambut, dan lain-lain.Kemudian Bahasa yang dipergunakan, misalnya Bahasa Batak, Bahasa Jawa, Bahasa Madura, dan lain-lain. Adat istiadat, misalnya pakaian adat, upacara perkawinan, dan upacara kematian.Lalu Kesenian daerah, misalnya Tari Janger, Tari Serimpi, Tari Cakalele, dan Tari Saudati. Serta yang lainnya.
Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa kita yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan yang berasal dari keanekaragaman. Walaupun kita terdiri atas berbagai suku yang beranekaragam budaya daerah, namun kita tetap satu bangsa Indonesia, memiliki bahasa dan tanah air yang sama, yaitu bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Begitu juga bendera kebangsaan merah putih sebagai lambang identitas bangsa dan kita bersatu padu di bawah falsafah dan dasar negara Pancasila.Kita sebagai bangsa Indonesia harus bersatu padu agar manjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Untuk dapat bersatu kita harus memiliki pedoman yang dapat menyeragamkan pandangan kita dan tingkah laku kita dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, akan terjadi persamaan langkah dan tingkah laku bangsa Indonesia .Pedoman tersebut adalah Pancasila, kita harus dapat meningkatkan rasa persaudaraan dengan berbagai suku bangsa di Indonesia. bukan seperti yang terjadi saat ini di Indonesia misalnya perang saudara,korupsi dimana-mana,jual beli hukum,dan sebagainya.Untuk itu kita sebagai generasi penerus bangsa harus membiasakan bersahabat dan saling membantu dengan sesama warga dalam hal baik yang ada di lingkungan kita, seperti gotong royong akan dapat memudahkan tercapainya persatuan dan kesatuan bangsa. Bangsa Indonesia harus merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa, dan sehati dalam kekuatan wilayah nasional dengan segala isi dan kekayaannya merupakan satu kesatuan wilayah.

Dalam mengembangkan sikap menghormati terhadap keragaman suku bangsa, dapat terlihat dari sifat dan sikap dalam kehidupan sehari-hari,misalnya menciptakan kerukunan seperti halnya dalam sebuah keluarga,antara warga masyarakat terdapat semangat tolong menolong, kerjasama untuk menyelesaikan suatu masalah, dan kerjasama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya,dan kesadaran serta sikap harus mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.Sikap dan keadaan seperti tadi yang saya sebut, harus dijunjung tinggi serta dilestarikan untuk lebih memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa
Bapak  guru dan teman-temanku yang berbahagia,demikian uraian singkat yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat dipetik arti dan manfaatnya. Mohon maaf atas segala kekurangan serta terimakasih atas perhatiannya.
            Wassalamualaikum Wr Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar